Warren Buffett menolak akuisisi besar pada 2017 karena tingginya harga

Meskipun memiliki uang tunai lebih dari $ 100 miliar, Warren Buffett mengatakan bahwa dia dimatikan oleh harga jual yang tinggi untuk bisnis yang dia anggap membeli dan yang membuatnya tidak menarik pelatuk pada transaksi besar pada tahun 2017.

Hal terbesar yang hilang dari transaksi yang dikeluarkan oleh Buffett’s Berkshire Hathaway tahun lalu adalah salah satu kualitas utama yang dicari investor miliarder saat membeli perusahaan yang berdiri sendiri: “harga pembelian yang masuk akal.”

“Itu … persyaratan membuktikan penghalang untuk hampir semua kesepakatan yang kami ulas pada 2017, karena harga untuk bisnis yang layak, namun jauh dari spektakuler, mencapai titik tertinggi sepanjang masa,” Buffett mencatat dalam surat tahunannya yang dipantau dengan ketat kepada pemegang saham yang dilepaskan pada hari Sabtu pagi . “Memang, harga sepertinya hampir tidak relevan dengan tentara pembeli yang optimis.”

Berkshire menganggarkan lebih dari $ 109 miliar secara tunai pada akhir kuartal ketiga 2017. Semua uang yang sedikit menghasilkan apa pun adalah daya tarik konglomerat, kata para analis.

Pengambilan ulang tahunan Buffett dengan investor Berkshire Hathaway melalui surat investasinya adalah acara yang diawasi ketat di Wall Street. Dia adalah salah satu investor terbaik dunia, dan wawasan dan nugget kebijaksanaannya terhadap ekonomi dan pasar keuangan serta saran investasinya selalu diminati.

Perusahaan Buffett, Berkshire Hathaway, memiliki jangkauan keuangan yang luas yang menjangkau hampir setiap bagian ekonomi. Perusahaan itu memiliki sederet saham blue-chip yang saat ini bernilai lebih dari $ 170 miliar (tidak termasuk saham Kraft Heinz). Kepemilikan saham termasuk Apple, Wells Fargo dan Coca-Cola. Berkshire juga memiliki sejumlah bisnis yang telah diakuisisi selama ini, termasuk perusahaan asuransi otomotif Geico, pengecer es krim Dairy Queen dan BNSF Railway Company.

Tahun lalu merupakan tahun yang baik bagi para pemegang saham Berkshire, karena saham “A” perusahaan naik hampir 22%, dibandingkan kenaikan 19,4% untuk S & P 500, indeks pasar saham yang luas. Saham Berkshire “A” juga menjadi saham pertama yang mencapai harga $ 300.000.

Pada 2017, kekayaan bersih Berkshire tumbuh $ 65,3 miliar, meningkatkan nilai buku per saham sebesar 23%, kata Buffett dalam suratnya. Nilai buku, ukuran favorit Buffett, adalah jumlah total yang layak dilakukan perusahaan jika perusahaan tersebut melikuidasi asetnya dan membayar kembali semua kewajibannya. Selama 53 tahun terakhir, Berkshire telah mengembangkan nilai buku per sahamnya pada tingkat 19,1% yang digabungkan setiap tahunnya.

Buffett mencatat, bagaimanapun, bahwa hanya $ 36 miliar berasal dari operasi Berkshire. “Sisa $ 29 miliar telah dikirim ke kami pada bulan Desember ketika Kongres menulis ulang Kode Pajak A.S.,” jelasnya dalam surat tersebut.

Bisnis pembuatan uang utama konglomerat adalah operasi asuransinya, yang selain Geico, mencakup bisnis properti dan kecelakaan yang cukup besar serta Grup Reasuransi Berkshire Hathaway dan General Re, perusahaan reasuransi lainnya. Perusahaan reasuransi adalah perusahaan asuransi yang menjamin risiko perusahaan asuransi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*