File resmi Dropbox IPO, layanan cloud mencari $ 500 juta

Dropbox secara pribadi mengajukan IPO-nya bulan lalu saat perusahaan tersebut membangun harapan untuk penawaran umum selama setahun terakhir. Saat ini, SEC telah mengumumkan secara terbuka rincian IPO, yang menawarkan rincian termasuk kinerja keuangan tahun lalu.

CNBC mencatat bahwa IPO Dropbox $ 500 juta cocok persis dengan 500 juta pengguna.

Selain itu, Dropbox menciptakan pendapatan $ 1,11 miliar tahun lalu, meningkat 31% di atas tahun 2016. Meskipun banyak yang mencatat track record profitabilitas, Dropbox mengalami kerugian bersih sebesar $ 111,7 juta pada tahun 2017.

Dropbox sebelumnya memiliki nilai estimasi $ 10 miliar. Khususnya, pendiri Dropbox, Drew Houston mengingat interaksi yang intens dengan Steve Jobs saat ia memanggil Dropbox “sebuah fitur, bukan sebuah produk.” Via Business Insider:

Jadi, dia mulai sedikit mengoceh kami, mengatakan bahwa kami adalah fitur, bukan produk, dan memberi tahu kami banyak hal seperti itu bahwa kami tidak mengendalikan sistem operasi sehingga kami akan dirugikan, kami harus mencari tahu kesepakatan distribusi, yang berisiko, dan semacam serangkaian kritik rencana bisnis. Tapi kemudian dia seperti, ‘Baiklah, saya kira kita harus membunuh Anda, pada dasarnya.’ Mungkin tidak dengan kata-kata itu, tapi cukup dekat.

Ini aman untuk dikatakan bahwa perusahaan telah menciptakan lebih dari sekedar fitur. Dropbox berencana untuk menggunakan dana IPO untuk membangun kemitraan dan integrasi pihak ketiga yang lebih banyak lagi, sementara juga berupaya menciptakan lebih banyak pelanggan yang membayar dari basis pengguna yang sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*